Tuesday, October 11, 2016

Lanaya's Birth Story


#eaaa judulnya kekinian banget, sis :))))


Karena tiap kehamilan berbeda, begitupula dengan persalinan. Makdarit, izinkan saya berbagi cerita, walaupun belum tentu menginspirasi, tapi biarlah ini menjadi kenangan maniez yang kuungkapkan lewat blog ini *uopooooo*

Please note : tadinya mau gegayaan foto lahiran pake kamera, namun apalah daya dan upaya, semua tak kami persiapkan. Jadi, tak adalah foto-foto keren lahiran Adek Lanaya T___T

Selasa malam, kira jam 11 malem, perutku kenceng. Kenceng-kenceng sakit (bukan mules). Kupikir, (satu) kemarin malam juga gitu sakitnya, tapi dua jam ilang, mungkin ini kasus yang sama; (dua) gara-gara kebanyakan jalan (dan beli jajanan) di ruko depan komplek; atau (tiga) kecapekan cuci-nyapu-ngepel tadi pagi. Sementara aku ambil kesimpulan, nunggu 2 jam juga beres nih sakit-sakit ini, bukan mules dan ngga ada flek, jadi kayaknya ini bukan kontraksi ((kayaknya)).

Jam 1 dini hari alias 2 jam berselang belum berhenti juga, batinku "Ah, satu jam lagi juga berhenti". Begitu terus sampe jam 3 pagi, tak kuasa rasa sakitnya. Bangunin Babap dan bilang, "Ke Rumah Sakit aja, yuk, bukaan ngga bukaan dipastiin aja, deh. Soalnya, sakit banget ini". Babap seperti biasa, "Ya, ayo.." cuma itu yang keluar dari mulut bau jigongnya.

Tapi, daripada nanti pusing cari tempat sholat dan ribet dan segala rupa, kita nunggu adzan subuh dulu aja deh baru berangkat. Sekitar pukul 4.30 udah bersiap (plus Kami dibangunin -secara cuma bertiga dirumah, masa iya doi ditinggal), cuci muka-ganti baju-dan pakai alis! :))) Sesampainya di RS, aku langsung meluncur ke UGD while Babap & Kami cari parkir. "Mas, Mas, aku mau lahiran, nih!" PD banget, padahal belum tentu udah bukaan. HUAHUAHAU.

Lalu, sementara Mas Dokter jaga cek-cek tensi dll, adalah Mbak Dokter jaga ikut dateng dan bilang "Hah? Lahiran? Emang Ibu hamil?" WOOOOOOO!!! *tusuk pake jarum infusan*

Pembuktianpun dimulai, ketika Mbak-Mbak Bidan ngecek bukaan apa ngga ini. Eng ing eng, bukaan 6 sodaraaaa! LEGAAAA (soalnya ngga malu kaya dulu, udah sampe RS belum bukaan hihihihi). Iya, LEGA dan tambah kerasa sakitnya karena bener udah bukaan dan keluar flek darah.

Langsung ditelponin Obgyn-ku dan sung digeret sekasur-kasurnya ke ruang bersalin (VK). Sampe VK, si Mbak-Mbak bidan setengah panik dan buru-buru nyiapin ini itu plus aku tambah kesakitan dan pengen ngeden! WOKWOW, dokternya belum dateng iniiiiihhh! Manalah, aku sendirian di VK, Babap lagi ngurus ini itu pula. HUHUHUHUHUHU.

Menjelang jam 6 pagi, Ibukku dateng ke VK! ALHAMDU? LILLAH. Kubilang "Ini kayaknya udah pembukaan lengkap, ini kepala udah mau keluar, Bu, udah pengen ngeden". Ibukku bilang ke Mbak Bidan, "Bidannya ada, 'kan? Ngga udah nunggu dokter, nggapapa, kok!". Aku ngga ngerti pasti Mbak Bidan ngomong apa, samar, sih, bilangnya "Kita bisa, kok, Bu (bantu ngelahirin)".

Langsung tanpa ba-bi-bu, inget posisi melahirkan, langsung (sorry) nggangkang. Pas bayi ngajak ngeden, kulepaskan saja (tadinya, 'kan, disuruh tahan huhuhuhu).

ALHAMDULILLAH. Bayiku keluar. Belum bernama. Rabu, 28 September 2016 - 6.00 pagi. Dengan Ibukku disamping dan Mbak Bidan yang langsung dengan siaga nangkep bayiku. 30 detik kemudian. Dokterku dateng. #EAAAAA.

Ibukuu keluar, ganti shift sama Babap. IMD, adzan & qomat, lalu... dijait T_______T
Pret yang bilang syahdu IMD akan menggantikan rasa sakit dijahit. Pret. Sekali lagi. Dusta itu. D-U-S-T-A! HAHAHA. Atau aku aja yang cemen, ngga kuat dijait. Lhaaa.

Jam 7 kurang, selesai dijait dan langsung disuruh jalan dari VK ke ruang observasi. Eh, langsung bisa. Aku bungah. Alhamdulillah.

Jadi, di RS ini, oh iya lahirannya di RS Pertamedika Sentul City, sebelum masuk ke kamar perawatan, kita transit dulu di ruang observasi selama kurleb 6 jam. Kalau dulu 6 jam itu bayi di ruang bayi dan ibu di kamar perawatan, kalau di sini, ibu & bayi sama-sama di ruang observasi, jadi bidan, dokter anak, dokter kandungan, dan konselor laktasi datang silih berganti ke ruang observasi.

Sebelum pindahan ke kamar perawatan, usg dulu sama obgyn (yang tugasnya cuma jait doang, hahahaha) buat liat kondisi rahim. Alhamdulillah OK semua dan kata beliau kalau besok bayinya sehat, sung pulang. WHAAAATT?!

Jam 12 siang masuk ruang perawatan daaan... tidur. NOT. Udah ada tamu dari Geng Bumil Busui yang haus gosip cerita lahiran. Abis itu, Alhamdulillah bayi tidur. Emaknya bobok juga.

Besoknya, setelah cek ini itu, cek ibu dan bayi dan segala rupa. Aku disuruh pulang dari RS yang mana makan siangnya enak banget. Pasta dan segala printilannya! HUHUHUHUHU. Bhay kemanjaan di RS yang tinggal pencet bel. Tingtong!

* * *

Alhamdulillah, proses lahiran kali ini jauh jauh lebih cepat, less drama. Walaupun, sempet-sempetnya Babap ceramah pas gue udah pembukaan 6 di RS. Jadi, gue kan kesakitan banget (ya iyalah!), trus teriak (padahal ngga keras-keras amat, ah!), Babap bilang "Udah, ngga usah pake energi buat yang ngga perlu." SUMPEEEEE. Pembukaan 6 'kan tau sakitnya kaya apaan! :)))

Lanaya Sasikirana adalah nama yang akhirnya kami sepakati untuk putri kedua kami. Artinya, errrr. Kasi tau ngga, ya? Lanaya adalah ini, lalu kita cocoklogikan dengan Lana yang artinya lembut/gentle. Sasikirana dipilih karena namanya cantik, hahahaha, alhamdulillah artinya bright moon light.

Panggilannya apa? Terserah yang manggil mau apa :)))) Aku ngga mau di-php-in kaya Kami. Berubah-ubah mulu namanya. Dari Kaka - Kaka Ami - Kami - Rahmi - Mbak Ami. Entah apalagi. Kalau aku sendiri suka manggilnya Adek Yaya.

Semoga Adek Yaya sehat selalu, baik budi dan hatinya.

Buni ngga mengharapkan kalian akur (Kami & Yaya), ya, tau sendiri Buni sama Mbak Ada sampe segede gini juga masih berantem-berantem lucu, hahahahah! Ada satu yang Buni minta, kalian saling menyayangi, ya! Muach. Boleh berantem, tapi jangan sering-sering. Hahahahahaha :)))

Foto menyusul, deh, ya. Atau liat di IG aja, hahahahaha *pemalas *balik tidur lagi sama bayi :))

11 comments

  1. "pakai alis!" --> karena alis adalah KUNCI ya sis..jangan ampe lupa!hahaha

    "pret yang bilang syahdu IMD akan menggantikan rasa sakit dijahit. Pret. Sekali lagi. Dusta itu. D-U-S-T-A! HAHAHA" --> SETUJU!khusus lahiran kedua kemarin, itu tiap tusukan jarum jait kerasanya banget-banget.. *dan kemudian ngilu*


    btw..welcome dedek yaya...semoga doa buni nya terkabul yaa..saling menyayangi dengan kami! *muah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah sempet ya sis pake ales huahuahuahauhau!

      AAMIIN.. makasih Tril doanya, muach!

      Delete
  2. Selamat lahiran anak kedua mbak Fen...semoga dek Yaya selalu sehat 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa makasiihh! AAMIIN. You too sehat2 sekeluarga, yaa ;)

      Delete
  3. Akoh mau jadi penengah kami dan mba ada aja deh.. etapi akoh #TeamAda aja gpp kalau dipaksa~ :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. apasih ngga jelas lo wkwkwk

      Delete
  4. Selamat ya, Fen! Anak kedua kayaknya lancar jaya iniiii...Dan bapaknya tetap terganteng serumah. Mungkin kudu ada anak ketiga kah? (Dilempar pospak bekas deh gue).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :D hahahahaahah #Team2anakCukup :D

      Delete
  5. hari ini aku lagi sakit dan bedrest, iseng2 kepo ig mbak feni
    terus ada cerita ini wkwk langsung bangun dari kasur menuju laptop buat baca cerita ini

    selamat ya mbak feni <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha, maaciihh Marisa cantik kesayangan jomblo2 Maraca wkwk

      Delete
  6. de yayaaa.. selamat dataaang. selamat bikin buni sakit pinggang, capek ngomel dan lain sebagainyaaaa ~

    ReplyDelete

/ thank you for stopping by

© / besinikel