Tos! MITOS.

by - 11:17:00 AM

Postingan ini bukannya menyudutkan siapapun, cuma hmm, sudut pandang baru, yang menurut gw sih lebih masup di akal. Maap ya para tetua.. But, this is what I think, sependek yang gue tau, masih baru 6 bulan (lebih) juga jadi ibu :)

Berawal dari cekaka-cekiki di watsap grup, namanya Bumil & Busui United. Dikelola oleh gw, yang paling sok tau tea dan selalu pengen eksis. Nyahahaha! Grup ini beranggotakan temen-temen SMA gw (yang narsisnya ampun-ampunan), yang lagi hamil dan menyusui. Awalnya ngebahas ini itu, biasa say hi, tetek sakit, tetek perih, perut abis melahirkan kok jadi gini, masalah begadangan, sampai masalah ummm RAHASIA! :)))

GONG-nya  ya ini. Mitos seputar menyusi, ternyata banyak aja!

Mitos Seputar Menyusui

Mitos :
PD kanan isinya nasi, PD kiri sayur/lauk
Sok tau gw :
Kalo gitu susnya mana? Buahnya mana? :P Sumpah baru tau gw ada begituan. Kaget banget waktu tukang pijet langganan dating ke rumah bilang kaya gitu "Neng, kanan isinya nasi, kiri lauk, jadi nen harus dua-duanya". Berbekal ilmu cetek pas ikut kelas ASI, ASI itu ada 2 terbagi kandungannya, hindmilk sama foremilk. Hmm, lebih lepatnya si foremilk atau asi depan (keluarnya duluan) dan lebih encer dianalogikan sebagi 'minum', dan si hindmilk alias lemak ASI alias ASI belakang yang lebih kental disebutnya 'makan', tapi dua komposisi tersebut ada di kedua PD.
Dan nyusuin itu sebisa mungkin tuntas satu sisi, biar dapet tuh si lemak asinya :) Kalo PD satu udah lepas, coba tawarin PD sebelahnya, kalo 10 menit ganti PD, ditakutan si bayi blom dapet lemak ASI.

Mitos:
Jangan minum es, nanti asinya dingin. Bayinya pilek.
Sok tau gw :
Pabrik ASI emang ada di PD, tapi ga serta merta dari minum - kerongkongan - pabrik ASI di PD, tapi masuk lambung dulu toh? Di cerna dulu toh? Suhu tubuh kita itu hangat, dan apapun yang keluar dari tubuh kita itu hangat : pipis, keringet (sedingin-dinginnya keringet ga bakal sedingin coca cola pake es, bukan keringetnya dingin sih sebenernya tapi suhu tubuhnya, dan suhu tubuh dingin itu sedingin es ga sih? :D), ingus, semua dalan keadaan HANGAT. Termasuk ASI :D Jadi, boleh minum es? Boleh, kalo kata gw mah. Tapi kalo lagi ga enak badan (kitanya -ibu), baiknya di stop dulu, nope, bukan karena ASInya nanti gimana-gimana, tapi demi kesehatan ibunya aja sih.

Mitos:
Jangan makan pedes, nanti ASInya pedes. Bayinya mencret.
Sok tau gw:
ASI diproduksi dengan mengambil nutrisi dari darash, jadi abis dari lambung ga langsung diambil. Dari lambung pas mau dikasi ke pabrik ASI dalam bentuk apalagi kalo bukan darah? Mengutip dari AyahASI.org :
Rasa Pedas timbul karena Senyawa Capsaicin pada cabai membuat PANAS, TERBAKAR dan NYERI di lidah atau kulit. Kulit lidah sangat sensitif. Beberapa ahli bilang kalo Senyawa Capsaicin bisa terkandung di dalam ASI, tapi tidak cukup untuk membuat lidah bayi PANAS & NYERI. Senyawa capsaicin yang terkandung di dalam ASI tidak cukup membuat reaksi NYERI/KEPANASAN, tetapi bisa bereaksi buat bayi sensitif. Sekali lagi, reaksi pada bayi sensitif itu pun BUKAN PEDAS, tapi di pencernaannya. Bukan cuma "pedas" aja yang bikin bayi terganggu pencernaannya, kalo emang sensitif, ibu makan coklat juga bisa terganggu.
Kalo gw sih, coba-coba aja dan amati reaksi bayi. Misal mau makan yang mengandung kafein (kopi, teh, coklat, soda) dikit dulu, if it's oke, lanjut! Gitu juga dengan seafood, karena gw pernah alergi seafood jadi agak hati-hati makannya, sedikit-sedikit.

*scroll watsap dulu*

Mitos:
Minum kunyit, biar ASInya ga hambar
Sok tau gw:
Cobain ASI, ga hambar kok, cenederung manis tapi ga manis banget.

Nah yang paling ampuh buat jawabin semua mitos tentang rasa:
Gw udah cobain ASI gw;
suhu: hangat (kalo pumping jelas terasa kan ya),
rasa: gw jilat cenderung manis.

Ada lagi yang liat ASIP gw di kulkas:
Mitos:
Itu ASIP yang dikulkas basi, udah kuning.
Sok tau gw:
Kuning itu karena ada si hindmilk, lebih kental dan berwarna kuning. Cekidot manajemen ASIP deh.

Aslinya masih banyaaaak banget, tapi gw udah keburu disuru rapat euy, ntar klo inget diapdet deh. Oh ya, ada yg bikin ngakak sampe geleng-geleng kepala.
http://kultwit.aimi-asi.org/tag/mitos-asi/
http://kultwit.aimi-asi.org/2012/03/mitos-asi-2/
http://www.effiharyanti.com/mitos-dan-fakta-seputar-asi/
http://www.ayahasi.org/2011/11/mitos-dan-fakta-seputar-asi.html
See you!

You May Also Like

1 comments

  1. kalau mitos pd yg kanan buat anak, pd yg kiri buat bapaknya gimana Bu ? bener gak tu ? atau dua2nya buat bapaknya yak ahahahahahah

    ReplyDelete

/ thank you for stopping by