As A Decision Maker

by - 4:06:00 PM

Jaman dulu, sebelum jadi emak-emak -alias masih gadis tingting :r - setelah terima gaji, mari kita hura-hura! Nabung? Halah, kalo inget aja. HAHAHAHA :r (moga ini ngga gw doang, ya hahahaha *cari temen*)

Mendekati persiapan kewong, baru deh ketar-ketir. Bayar ini pake apa? Bayar itu? Pake bulu ketek, boleh ngga? Setelah menikah, mulai mikirin hidup dari hari ke hari. Mulai mikir juga, pengen beli kulkas, pake uang apa ya? Eh tapi, lebih butuh buat bayar listrik, ngga sih? Gw yang mikir, bapak suami yang terhormat tinggal iya aja. Iya, kalau ada duitnya, kalau ngga? *gigit jari :P *

Tapi emang bener kan, ya? Kalau estri-estri macam kita ini adalah manajer keuangan, kudu pilahpilih mana yang perlu mana yang enggak. Bahasa kerennya, decision maker. Jangan sampe impulsif, terus cashflow keuangan keluarga jadi berantakan. Aku ogah!

Nah, karena gw seroang programmer abal abal yang tidak pandai menghitung du'it, ikutlah gw ke acara semacam workshop keuangan, "Literasi Keuangan: Perempuan dan Keputusan Keuangan”. yang diadain sama Cigna Indonesia. Selain ditekankan masalah Want VS Need, kita juga harus bisa ngatur beberapa hal yang ngga kita inginkan. Seperti; kecelakaan, sakit, bencana alam, endebre-endebre; yang kita ngga tau kapan terjadi dan makan biaya berapa banyak. 

Kata Mba Mike sang Perencana Keuangan, daripada ibu-ibu dijejelin bahasa keuangan yang ngga ada abisnya, mending sambil main. Demen deh, gw hahahaha :r Nama permainannya : Money Smart Game. Kayak monopoli, tapi ini tentang mengelola keuangan. Seru ngga, tuh? Laffff, kalo bahasa gahulnya :P




Audiens dibagi menjadi 3 grup, gw sendiri satu grup sama Mba Lita, Prita, Mba Amal, Mba Niya, dan suaminya. Nama grupnya harus istilah keuangan, jadi disepakati "Sebut saja, BUNGA" :r :r

Pertama, kita dikasi uang-uangan, persis kaya main monopoli. Besarnya uang tergantung profesi masing-masing. Kebetulan kemarin gw dapet profesi guru. 
Kedua, jangan lupa semua transaksi dicatat di buku kas. Mungkin kalo didunia nyata gw pake aplikasi Spending di HP.
Ketiga, mulai main! ;)


Simple ternyata mainnya, gw kira bakalan njelimet :r
Lempar dadu, terus jalanin pion sesuai jumlah angka di dadu. Gampang, kan? Ternyata ngga juga, sih *toyor* :r
Soalnya ada beberapa kartu yang harus diambil sesuai dimana si pion berhenti.
GAJIAN: Dapet sejumlah uang dari bank sesuai dengan profesi 
(gw 'kan jadi Guru, gajinya 11, Mba Lita dong, Dokter Anak, dapet 40! hahahah iri-an ni ye, anaknya hahahaha)
OYE: Penawaran bisnis menarik
OOPS: Ups, ada yang mesti dibayar! Entah itu SPP anak, servis mobil, dsb
MUSIBAH: Uang kas dipotong 50%, kalau ada asuransi ngga dipotong
WOW : Ada penawaran investasi,  hayoooo, diambil apa, ngga, ya? *galau*
BERITA: Berta terkait investasi di poin WOW.

Paling seru ketika dapet WOW atau OYE : penawaran bisnis atau investasi, ambil ngga, ya? Soalnya harus diitung uang kas masih ada ngga? Atau mau pinjem di bank? Kalo gw safe-play aja *kaya apaan*, dari gaji kalau cukup ngga usah bisnis-bisnisan hahahahaha. Dalam satu grup, pion Pak Polisi keren deh, investnya banyak sampe bisa ngelunasin mobil. Ah, seandainya gw berani..

Paling tertohok saat dapet OOPS atau MUSIBAH. Duh, baru kerasa pentingnya investasi dan asuransi. Investasi buat anak sekolah misalnya, harusnya bisa disishin dari setiap gajian masuk ke tabungan berencana atau reksadana. Jadi, setiap "ketemu" OOPS, ngga bingung ambi dana yang mana, soalnya udah di-pos-kan di awal. Atau asuransi kesehatan, berasa pentingnya kalau dapet musibah *knock on wood* dan perlu berobat ke rumah sakit.

Paling seneng ketikaaa.. GAJIAN! Karyawan sejati kayaknya gw, yaaa hahahaha. Dapet penawaran invetasi aja, udah mikirnya lama, ngga jadijadi! HAHAHAHA LOL :r
Kata temen satu grup kemarin "Ambil aja!" Tapi, gw mikir masih bisa kok dari gaji. Aduh, Feni, hari gini masih ngandelin gaji? Gaji PNS Golongan IIIa, pula hahahahaha :r (tahun depan IIIb! hahahahahaha)


Setelah permainan, hitung ulang deh antara pendapatan yang diperolah dan hutang yang dibayar. Karena gw gitu-gitu aja mainnya (ngga berani ambil risiko), ya hasilnya gitu-gitu aja, ngga banyak berubah dari kas awal. Zzzz! :r


You May Also Like

4 comments

  1. duh mental (siap) nerima gaji banget ya guee main giniaan...
    *angkat tangan ga bisa nabung*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha apalagi pas gajian, langsung teriak "GAJI GAJI GAJI" ahahahahah LOL :r

      Delete
  2. o ternyata malah dolanan, bukane sinau hahahaha

    etapi aneh dong permainannya, semua event based on random dice throws, padahal kan di dunia nyata beberapa event fix waktunya, kaya gajian, bayar spp, bayar satpan

    ReplyDelete
    Replies
    1. muahahaha, baru baca .. namanya juga main sih Bap. Bebasin ajaaaaahhh

      Delete

/ thank you for stopping by