Friday, January 30, 2015

Bunyesign (3)

Sebenernya, semua itu ngga bakal terjadi, kalau gw saklek / patuh sama apa yang udah jadi standar pemesanan di bunyesign;

- ngga ada acara belum DP, udah dikerjain
- ngga ada acara belum DP, udah dibikinin draft
- ngga ada acara semenit (not) jadi padahal jangka waktu 2 minggu
- ngga ada acara minta nambah revisi gratis, gw iya-in
- dan lain sebagainya

'kan, kalau.



Nyatanya? Gw masiiiihhh aja suka "ih dia kan temen gw" ; "ih dia kan bantuin gw, pas <bla bla bla>". IHIKS. Pengennya profesional. Pengennya. Makanya, di 2015 ini, siapapun yang pesen (pengennya) semua ikut prosedur. Dalem hati ini miriiss. Gila, masa temen yang temen banget (apalagi sodara) aja, gw mesti ngirim price-list? Itu ga masuk akal. Kayak ga pake hatinurani aja, huhuhuhu. Ngga gw banget. Ada solusi, ngga? Galau deh. T____T

Gw merasa juara banget profesyonal itu pas temen mesen artwork. Dia nanya, "Berapa, Fen?", gw jawab "XXX rupiah, Nay..". And then she replied, "Aku transfer besok, yaa".

AJEGILEEE. NGGA PAKE NAWAR.
Aku malu. Kepikiran. Hatinya dicuci pake bayklin kayaknya, putih banget. *krik*

Kepikiran sampe akhirnya, gw memberanikan diri. Minta maaf dan whatsapp dese.
"Nay, aku maaf ya <bla bla bla>. Kamu kok ngga pake nawar? Aku jadi ngga enak.."

<sampai ngga bisa berkata-kata>

Yang bikin artwork berasa mahal itu karena ngga bisa dimakan dan ngga bisa dipakai setiap hari. Kaya kebutuhan primer. Apalagi yang digital art, ya. Apa sih modalnya? Cuma modal komputer diinstall Photoshop sama AI doang, kan? Terus gw terima apa? Gambar? Dipegang secara fisik (kalau ngga di-print) aja ngga bisa. Ngerti banget, gue. Dulu  juga gitu. Yaelaaaaahhhh, lukisan di pameran-pameran kok mahal? Gila yang pada beli ngapain, sih? :r :r

Kena noh, batunya. HAHAHAHAHA!

Ya itulah, seni-nya seni <3 <3

Mungkin bagi gw, yang ngga bisa bisnis. Hal sepele kayak gini, jadi gedaaaaa banget. Perlu belajar banyak, nih. Mau dong berguru ;)

Ah, bunyesign.

27 comments

  1. Naaaay.. emang cantik itu dari hati yaa :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((( dari hati )) erarti gw alamat jelek nih hahahaha
      eciyeeeee blog baruuu eciyeeee :P

      Delete
  2. Mbak Feni, sebagai crafter-crafteran newbie aku juga merasakan hal yang sama.. Suka ga enakeun ngasi harga. Awal2 jual talenan lukis murah banget sampe ga ada yang nawar, tiba2 pada jadi pesen banyak2.. Tewas akuuuh...
    Kadang pengen tau deh bocoran pricelistnya para crafter dan desainer grafis gini buat patokan, tapi nanya pun aku sungkan hihihiii

    Nice sharing mbak Salam kenal yaaaa
    -Tia-
    tiananana.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haihaiiii.. akupun dulu kita, terus benchmark aja sesuai kemampuan. Dan pasar pasti ngikutin kok. Selow aja :)

      Delete
  3. Setuju sama si Nay saya mah. Kalo artwork memang harusnya ga ditawar. Kalo emang bagus ya beli, kalo harganya gak masuk ya ga usah maksa. Semangat Fen. Ilangin rasa gak enakan. Kalo ada yang nawar senyumin aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dooohh meneyejukkan amat, nih, OmDan. Makasiii yaaa :)

      Delete
  4. Setuju sama si Nay saya mah. Kalo artwork memang harusnya ga ditawar. Kalo emang bagus ya beli, kalo harganya gak masuk ya ga usah maksa. Semangat Fen. Ilangin rasa gak enakan. Kalo ada yang nawar senyumin aja.

    ReplyDelete
  5. aduh pasti seneng banget ya dapet komen begini ya... :)

    ReplyDelete
  6. Mbak, aku pengagum karyamu. Tapi mau nanya-nanya harga takut gak mampu :))

    Semangat mbaaak Feni :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha, bisaaaa aja :D
      Makasiihh makasiiihh <3 <3

      Delete
  7. Fen, saya itu termasuk yang sangat menghargai orang yang bekerja di bidang seni. Saya pernah menulis bagaimana kita harus menghargai vendor2 saat menyiapkan wedding (itu contoh saja) dan tidak menawar gila-gilaan karena biar bagaimana pekerja seni itu akan lebih bisa berkarya saat dirinya tidak dibatasi oleh tuntutan2 tidak masuk akal dari client. So, jadilah orang yang professional. Kasih pricelist. Kalau memang nantinya ada negosiasi, kalau memang ditawarnya ngga masuk akal, mending kamu tolak, karena eh karena, kamu punya HAK untuk menolak client :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh Bu Le (ikut-ikut Om Dan, hahaha). Makasih supportnya <3 <3
      Setuju banget, HAK untuk menolak client (kemudian aku di-unfollow, jyaaaahhh curhat deui :P )

      Delete
  8. Becuuuuul harus profesional ya jeng kalo berbisnis sukses selalu buniiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Worooooo, makasih makasih! <3

      Delete
  9. Pede aja mba Feni.. kece gitu kok artworknyaaa.. kalau gak mau bayar ya ga usah order.. kan bikin karya seni pake waktu, pikiran, perasaan, perjuangan, pengorbanan... *lah kok jadi menggebu-gebu*

    sama aja sih soalnya sama baju eike yang ditawar ato dibilang mahal.. gak tau effort dibalik sehelai baju itu priceless apaaa.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olaaa <3
      Iya La, aku juga klo beli baju gitu, klo ngerasa ngga sanggup bayar, ngga usah order. Semua pasti ada perhitungannya kan kenapa bajunya jadi sekian rupiah :D

      Semangatttt Olaaa, Misla makin jaya! hihihihihi ;)

      Delete
  10. yah fen, sama lah kita. ada sodara/temen minta bikinin design interior, di gratisin mintanya gak tau diri.. di kasih penawaran harga malah bikin argumen enggak2. gih dah bikin sana sendiri...!

    hihihii, untung gw udah transper yak, jd bisa nulis kek gini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan, soalnya desain interior juga ga bisa dipegang, Ca. Makanya kaya ga ada harganya. Padahal maaaahhhhhhhhh..

      hahaha udah transpernya kaga usah ditulis napah? :r :r

      Delete
  11. hahaha... dulu guw juga sama Fen. Sama temen ngasihnya gratis plus masih disuruh revisi ini itu. Lama2 kok males yaa.. hahaha. Sekarang sama temen2 di Swedia mah bikin logo, foto2 semua bayar dan alhamdulillah pada ga pake nawar jg. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan kan kan.. bener deh, bukannya mau jelek2in endonesia, tatatapiii, klo jual sama orang luar lebih dihargai, ya ngga sih, Be? :D

      Delete
  12. yahhh aku ikut sedih mbacanya :( gapapa kok being strict to customer, it's your right. kan enak kalo sama sama menghargai. tetap semangat bunyesign

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Mimut timakasiihhhh.. jangan cedih hahaha :D
      sarannya makasiihhhh bgt, supportnya jugak. kiss!

      Delete
  13. Aku lg ngalamin hal yg sama nih. Ada yg minta translate bahan, aku bingung dia nanya tarif, dibilang gratis dia ga mau, trus aku bilang seikhlasnya deh haha. Padahal pas googling lumayan ya bo tarif penerjemah itu.. Tapi gak enak kan dia temen, mahasiswa beasiswa pula..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kyaaaa Wichi! Besok2 kudu ditaripin, trus traktir gw, yak? Muahahahahah ujung2nya begitu :r

      Delete
  14. Wah, baru baca postingan ini. Sama banget kayak yang kita obrolin kemarin yah. Padahal kalo dipikir, aku kan sehari-hari kerjanya di bidang kreatif dan kalo nge-charge klien tuh bisa mahal banget. Tapi giliran ngasih harga ke karya sendiri kayak ngga PD gitu. hahaha, KITA HARUS MENGHARGAI HASIL TANGAN KITA SENDIRI YEAAAHHH!

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJU TARAAA!
      Ye kan? Kudu bsa menghargai diri sendiri. That's the point! :)

      Delete

/ thank you for stopping by

© / besinikel