Bunyesign (3)
Sebenernya, semua itu ngga bakal terjadi, kalau gw saklek / patuh sama apa yang udah jadi standar pemesanan di bunyesign;
- ngga ada acara belum DP, udah dikerjain
- ngga ada acara belum DP, udah dibikinin draft
- ngga ada acara semenit (not) jadi padahal jangka waktu 2 minggu
- ngga ada acara minta nambah revisi gratis, gw iya-in
- dan lain sebagainya
'kan, kalau.
Nyatanya? Gw masiiiihhh aja suka "ih dia kan temen gw" ; "ih dia kan bantuin gw, pas <bla bla bla>". IHIKS. Pengennya profesional. Pengennya. Makanya, di 2015 ini, siapapun yang pesen (pengennya) semua ikut prosedur. Dalem hati ini miriiss. Gila, masa temen yang temen banget (apalagi sodara) aja, gw mesti ngirim price-list? Itu ga masuk akal. Kayak ga pake hatinurani aja, huhuhuhu. Ngga gw banget. Ada solusi, ngga? Galau deh. T____T
Gw merasa juara banget profesyonal itu pas temen mesen artwork. Dia nanya, "Berapa, Fen?", gw jawab "XXX rupiah, Nay..". And then she replied, "Aku transfer besok, yaa".
AJEGILEEE. NGGA PAKE NAWAR.
Aku malu. Kepikiran. Hatinya dicuci pake bayklin kayaknya, putih banget. *krik*
Kepikiran sampe akhirnya, gw memberanikan diri. Minta maaf dan whatsapp dese.
"Nay, aku maaf ya <bla bla bla>. Kamu kok ngga pake nawar? Aku jadi ngga enak.."
Yang bikin artwork berasa mahal itu karena ngga bisa dimakan dan ngga bisa dipakai setiap hari. Kaya kebutuhan primer. Apalagi yang digital art, ya. Apa sih modalnya? Cuma modal komputer diinstall Photoshop sama AI doang, kan? Terus gw terima apa? Gambar? Dipegang secara fisik (kalau ngga di-print) aja ngga bisa. Ngerti banget, gue. Dulu juga gitu. Yaelaaaaahhhh, lukisan di pameran-pameran kok mahal? Gila yang pada beli ngapain, sih? :r :r
Kena noh, batunya. HAHAHAHAHA!
Ya itulah, seni-nya seni <3 <3
Mungkin bagi gw, yang ngga bisa bisnis. Hal sepele kayak gini, jadi gedaaaaa banget. Perlu belajar banyak, nih. Mau dong berguru ;)
Ah, bunyesign.
- ngga ada acara belum DP, udah dikerjain
- ngga ada acara belum DP, udah dibikinin draft
- ngga ada acara semenit (not) jadi padahal jangka waktu 2 minggu
- ngga ada acara minta nambah revisi gratis, gw iya-in
- dan lain sebagainya
'kan, kalau.
Nyatanya? Gw masiiiihhh aja suka "ih dia kan temen gw" ; "ih dia kan bantuin gw, pas <bla bla bla>". IHIKS. Pengennya profesional. Pengennya. Makanya, di 2015 ini, siapapun yang pesen (pengennya) semua ikut prosedur. Dalem hati ini miriiss. Gila, masa temen yang temen banget (apalagi sodara) aja, gw mesti ngirim price-list? Itu ga masuk akal. Kayak ga pake hatinurani aja, huhuhuhu. Ngga gw banget. Ada solusi, ngga? Galau deh. T____T
Gw merasa juara banget profesyonal itu pas temen mesen artwork. Dia nanya, "Berapa, Fen?", gw jawab "XXX rupiah, Nay..". And then she replied, "Aku transfer besok, yaa".
AJEGILEEE. NGGA PAKE NAWAR.
Aku malu. Kepikiran. Hatinya dicuci pake bayklin kayaknya, putih banget. *krik*
Kepikiran sampe akhirnya, gw memberanikan diri. Minta maaf dan whatsapp dese.
"Nay, aku maaf ya <bla bla bla>. Kamu kok ngga pake nawar? Aku jadi ngga enak.."
<sampai ngga bisa berkata-kata>
Kena noh, batunya. HAHAHAHAHA!
Ya itulah, seni-nya seni <3 <3
Mungkin bagi gw, yang ngga bisa bisnis. Hal sepele kayak gini, jadi gedaaaaa banget. Perlu belajar banyak, nih. Mau dong berguru ;)
Ah, bunyesign.
27 comments
Naaaay.. emang cantik itu dari hati yaa :)))
ReplyDelete((( dari hati )) erarti gw alamat jelek nih hahahaha
Deleteeciyeeeee blog baruuu eciyeeee :P
Mbak Feni, sebagai crafter-crafteran newbie aku juga merasakan hal yang sama.. Suka ga enakeun ngasi harga. Awal2 jual talenan lukis murah banget sampe ga ada yang nawar, tiba2 pada jadi pesen banyak2.. Tewas akuuuh...
ReplyDeleteKadang pengen tau deh bocoran pricelistnya para crafter dan desainer grafis gini buat patokan, tapi nanya pun aku sungkan hihihiii
Nice sharing mbak Salam kenal yaaaa
-Tia-
tiananana.blogspot.com
Haihaiiii.. akupun dulu kita, terus benchmark aja sesuai kemampuan. Dan pasar pasti ngikutin kok. Selow aja :)
DeleteSetuju sama si Nay saya mah. Kalo artwork memang harusnya ga ditawar. Kalo emang bagus ya beli, kalo harganya gak masuk ya ga usah maksa. Semangat Fen. Ilangin rasa gak enakan. Kalo ada yang nawar senyumin aja.
ReplyDeleteDooohh meneyejukkan amat, nih, OmDan. Makasiii yaaa :)
DeleteSetuju sama si Nay saya mah. Kalo artwork memang harusnya ga ditawar. Kalo emang bagus ya beli, kalo harganya gak masuk ya ga usah maksa. Semangat Fen. Ilangin rasa gak enakan. Kalo ada yang nawar senyumin aja.
ReplyDeleteaduh pasti seneng banget ya dapet komen begini ya... :)
ReplyDeletemeleleh! <3 <3
DeleteMbak, aku pengagum karyamu. Tapi mau nanya-nanya harga takut gak mampu :))
ReplyDeleteSemangat mbaaak Feni :*
Ahahahaha, bisaaaa aja :D
DeleteMakasiihh makasiiihh <3 <3
Fen, saya itu termasuk yang sangat menghargai orang yang bekerja di bidang seni. Saya pernah menulis bagaimana kita harus menghargai vendor2 saat menyiapkan wedding (itu contoh saja) dan tidak menawar gila-gilaan karena biar bagaimana pekerja seni itu akan lebih bisa berkarya saat dirinya tidak dibatasi oleh tuntutan2 tidak masuk akal dari client. So, jadilah orang yang professional. Kasih pricelist. Kalau memang nantinya ada negosiasi, kalau memang ditawarnya ngga masuk akal, mending kamu tolak, karena eh karena, kamu punya HAK untuk menolak client :)
ReplyDeleteAhh Bu Le (ikut-ikut Om Dan, hahaha). Makasih supportnya <3 <3
DeleteSetuju banget, HAK untuk menolak client (kemudian aku di-unfollow, jyaaaahhh curhat deui :P )
Becuuuuul harus profesional ya jeng kalo berbisnis sukses selalu buniiiii
ReplyDeleteWorooooo, makasih makasih! <3
DeletePede aja mba Feni.. kece gitu kok artworknyaaa.. kalau gak mau bayar ya ga usah order.. kan bikin karya seni pake waktu, pikiran, perasaan, perjuangan, pengorbanan... *lah kok jadi menggebu-gebu*
ReplyDeletesama aja sih soalnya sama baju eike yang ditawar ato dibilang mahal.. gak tau effort dibalik sehelai baju itu priceless apaaa.. hahaha
Olaaa <3
DeleteIya La, aku juga klo beli baju gitu, klo ngerasa ngga sanggup bayar, ngga usah order. Semua pasti ada perhitungannya kan kenapa bajunya jadi sekian rupiah :D
Semangatttt Olaaa, Misla makin jaya! hihihihihi ;)
yah fen, sama lah kita. ada sodara/temen minta bikinin design interior, di gratisin mintanya gak tau diri.. di kasih penawaran harga malah bikin argumen enggak2. gih dah bikin sana sendiri...!
ReplyDeletehihihii, untung gw udah transper yak, jd bisa nulis kek gini :))
nah kan, soalnya desain interior juga ga bisa dipegang, Ca. Makanya kaya ga ada harganya. Padahal maaaahhhhhhhhh..
Deletehahaha udah transpernya kaga usah ditulis napah? :r :r
hahaha... dulu guw juga sama Fen. Sama temen ngasihnya gratis plus masih disuruh revisi ini itu. Lama2 kok males yaa.. hahaha. Sekarang sama temen2 di Swedia mah bikin logo, foto2 semua bayar dan alhamdulillah pada ga pake nawar jg. hahaha..
ReplyDeletekan kan kan.. bener deh, bukannya mau jelek2in endonesia, tatatapiii, klo jual sama orang luar lebih dihargai, ya ngga sih, Be? :D
Deleteyahhh aku ikut sedih mbacanya :( gapapa kok being strict to customer, it's your right. kan enak kalo sama sama menghargai. tetap semangat bunyesign
ReplyDeleteBu Mimut timakasiihhhh.. jangan cedih hahaha :D
Deletesarannya makasiihhhh bgt, supportnya jugak. kiss!
Aku lg ngalamin hal yg sama nih. Ada yg minta translate bahan, aku bingung dia nanya tarif, dibilang gratis dia ga mau, trus aku bilang seikhlasnya deh haha. Padahal pas googling lumayan ya bo tarif penerjemah itu.. Tapi gak enak kan dia temen, mahasiswa beasiswa pula..
ReplyDeleteKyaaaa Wichi! Besok2 kudu ditaripin, trus traktir gw, yak? Muahahahahah ujung2nya begitu :r
DeleteWah, baru baca postingan ini. Sama banget kayak yang kita obrolin kemarin yah. Padahal kalo dipikir, aku kan sehari-hari kerjanya di bidang kreatif dan kalo nge-charge klien tuh bisa mahal banget. Tapi giliran ngasih harga ke karya sendiri kayak ngga PD gitu. hahaha, KITA HARUS MENGHARGAI HASIL TANGAN KITA SENDIRI YEAAAHHH!
ReplyDeleteSETUJU TARAAA!
DeleteYe kan? Kudu bsa menghargai diri sendiri. That's the point! :)
/ thank you for stopping by