(My) Most Have Items for MPASI

Gw emang rajanya bikin postingan telat :)) Sekarang mau postingan tentang... MPASI!
YUHUUU.. (not). Muahahaha...

Ya, setelah sukses sharing pamer tentang ina inu itu. Lanjut nyoook..

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Aselik, gw sebenernya deg-deg-an parah (campur seneng sih), karena terlalu sering ngulik mpasi stuffs and sotries di dunia maya sana (rajin browsing ya Ceu, sombyoong hahaha). Jadi, gw yang parnoan ya tambah parno aja gitu "Kalo Kaka nolak makan gimana?" "What if.." "What if.."

Dicampur sama kegalauan mau blw apa konvensional?
Mau buah dulu apa sayur ataukah serealia?
Hyaaa.. Dilema klasik ya!
Jawaban buat gw sendiri sih : Liat kesiapain Ibu dan Anak aja, beres. Oya, sama kesiapan Babap -yang ini kudunya bisajadi nomor satu nih :P (HAHAHA.. I'll post later, bagaimana jasa si Babap dalam memeriahkan era mpasi ini, I thank you a lot, love! Eaaa, pake cinta-cintaan muahaha)

Lanjut!
Lanjut ngapain nih?
Tentang "My Most Have Items for MPASI"- lah yaaa, sesuai judul.. (ceilah pake boso londo, nggaya! :P) I knew, tiap orang pasti punya kebutuhan yang berbeda-beda. Kalo gw, karena tiap pagi kudu ngereta bersama roker lainnya so, gw kudu punya alat-alat MPASI yang mempermudah gw bikin mpasi dong.. Kalo ga, kapan gw tidurnyaaa :)))

1. Combined Steamer and Blender by Philips Avent

Berhubung gw udah say goodbye sama BLW dari 3 hari pertama, so as a working mom, gw butuh alat yang bisa bantu gw dalam hal mengukus/merebus serta menghancurkan makanan. Dua hal ini yang buat gw penting banget, karena namanyapun bayi, makanan kudu hancur (gimanapun caranya -mau diulek pake ulekan batupun gapapa mihihihi) sama kudu dimatengin (untuk beberapa hal bisa tanpa dimasak -kaya papaya, masa di kukus dulu)

So, pilihan jatuh pada alat (yang lumayan mahal T_T) ini. Alat ini udah gw incer dari hamil! Muahahaha. Karena eh karena, kok ada alat secanggih ini ya? Tinggal potong, kukus, balik, blender. Taraaa, matang dan hancur dengan muka bersih tanpa keringat *bedak ga luntur nih Ceu nyahaha* :))) Tak usah ya gw berpanas-panas di depan kompor, trus ngulek sama ulekan batu. Kudu bangun jam berapa gw kalo gitu caranya? Sedangkan Kereta Wanita berangkat dari Stasiun Bogor pukul 6.36. Hal ini juga didasari oleh postingan sebelumnya, karena gw pake sistem "no frozen puree" T____T Bener-bener ga ada mental jadi Mama Nugraha ini mah!

Terimakasih ya Combined Steamer and Blender merk Philips Avent! *kemudian minta bayaran*

Review produk : http://mommiesdaily.com/2013/02/05/nrphilips-avent-blender-steamer-asisten-ideal-mpasi/
(Emang bener-bener asisten ideal deh! *masih usaha minta bayaran* *ya kaleee*)

2. Talenan, Pisau, Saringan Kawat

Masih dalam rangkaian mengukus lalu menghaluskan, ya ngga mungkin juga si Avent yang ngerjain kerjaan motong kabocha (plus ngupasin), motong pir, terus nyaring 'kan?! Sooo, tetep kudu punyalah benda-beda tersebut diatas.

Persoalan yang gw temuin ini masalah talenan, ada yang bilang "Jangan plastik, kayu aja. Kalo plastik kan blom tentu BPA free", trus baca lagi "Lebih baik plastik, kalo kayu kan berpori, nah bakterinya bisa masuk ke pori-pori tersebut (bekas goresan ngiris) walaupun udah dicuci bersih, tetep masih nyisa loh". Aaaak! Hasil bebacaan sih talenan kaca yang paling cihuy. Ta ta taaapi.. RIBET ah! :)))

Dengan mengandalkan insting : Udah kayu aja deh! :D

Satu lagi, teorinya sih gini ya
Jangan pernah menggunakan talenan yang sama untuk memotong daging dan buah/sayuran.  Anda harus memiliki satu talenan khusus untuk memotong daging, dan satu lagi khusus untuk memotong buah/sayuran.

Tapiii *ini pembelaan lagi* kadang gw lupa! Jangan ditiru ah!

Pisau : Pisau dapur nyokap, tadinya beli khusus, lama kelamaan, dah ah campur aja :)))
Sarkaw alias saringan kawat: biasa aja, beli di supermarket.

Sebaiknya, sebaiknya loh yaa.. As MamaKokiHandal said: pisahkan, dikhususkan buat MPASI, biar ga terkontaminasi. Tapi gw juga harus manut si Babap yang kemudian gw setujui (secara diam-diam *gengsi bok hahaha*): "Udah ga usah terlalu bersih, biasa aja sih!!! (tanda seru tiga kali, inget)" NAH LOH!

3. Slow Cooker by Takahi

Menginjak usia (hampir) 7 bulan, gw stop pemberian gasol-gasolan. Maunya sih naik tekstur ke bubur saring aja. Trus kan yaa, pegel aja gitu suru ngangonin bubur depan kompor, kalo gasol sih oke ya 5 menit jadi. Lha wong, ngukus/rebuh buah-sayur aja gw ogah, makanya pake si Avent, ini lagi BUBUR. Zzzz. Lama aja kan yaa. Ngga tega juga kalo Babap yang ngerjain mihihihi..

So, gw ngibrit (bo'ong banget) ke baby shop dan langsung tunjuk Takahi :D
Kenapa gw pilih Takahi? Karena disusruh sama MamaKokiHandal, menurut beliau, yang ca'em merk ini, disebabkan oleh beberapa hal:
1. Potnya bisa dilepas, jadi gampang bersihinnya
2. Tutupnya kaca
3. Ukurannya ada yang kecil, 0,7 liter aja. Cucok buat porsi makan bayi.


Selengkapnya tentang review si Takahi:
http://theurbanmama.com/articles/memasak-dengan-slow-cooker.html
http://theurbanmama.com/articles/slow-cooker.html
http://theurbanmama.com/forum/viewtopic.php?id=589

Jadi jadwal gw semenjak pake si Takahi ini begindang Ceu: Bangun jam 3 subuh, masupin tuh bahan-bahan buat bubur. Gw masak bubur kaldu ayam (2 sdm beras, 250 ml air, 3 blok kaldu ayam beku), tinggal beberes atau (seringnya) tinggal tidur lagi hahaha *lumayan setengah jam, karena si bayi udah melek jam 4 :D*
Ntar siMbak tinggal matiin jam 8 pagi buat makan pagi, trus nanti pas makan siang nyalain bentar kurleb 15 menit buat ngangetin si bubur (maksi biasanya jam 12, naaaah jam 12 kurang 15 nyalain dulu si Takahi). Lauknya? Ya masih setia pake Avent dong :)) Gw buat puree pagi 2 macem buat 2 kali makan (pagi & siang), oya sama mblender buah buat snack :D

4. Alat Makan & Minum

Kalo udah selesai masak, trus? Ya kasihin ke bayi dong ah. Naaah.. Bagian ini emang kudu TUTUP MATA! Kalo ga bisa terkuras lah duit gw sama alat makan bayi nan lucu-lucu serta menggmaskan. Dasar produsen. Arrrgh!
What I choose?
Standar aja, Feeding Set Pigeon sama EZlock dari Lock&Lock (ukuran ini dan itu). Oya, sama beli tempat bekel (Feeding Dish) dari Pigeon juga deh (ini karena napsu semata huhuhu, akhirnya sering dipake *fyuh*).
Feeding set buat alat makan sehari-hari aja, kalo pergi pake feeding dish (yang seringnya bawa aja itu pure pake EZlock trus suapin dari situ hahaha), si EZlock buat nyimpen puree sayur/buah.

Nah, buat alat minumnya. Dramaaa! :)) Ga ding, ga se-lebay itu. Yang jelas gw udah beli 2 training-cup, dan dua-duanya tak ada satupun yang cucok (Mungkin ini bisa di-giveaway-kan juga mihihihi)
Jadi pake apa? Pake gelas sloki hasil hadiah pas ikutan Kelas EdukASI AIMI :))))

Say goodbye sama barang ini nih T__T

5. Storage

Nah, berhubung mulai 7 bulan Kaka udah gw kenalin sama kaldu ayam + ayam, yang mana nyimpen kaldu pan kudu kecil-kecil. Yaaa masak buat bayi Ceu, masa mau setengah liter :))) Rugi bandar dong *pedit* :P
Jadi buat bekuin kaldu gw pake alat buat bekuin es batu itu loh/ice trays/ice cube. Biasa aja, yg penting ada tutupnya :D Gw juga beli ngasal di supermartket.
Kaya gimana yaaa.. *bentar googling dulu*
...
Ga nemu gambarnya :))
Pas pertama belum beli gw pake yang ada di rumah aja, setelah beku gw tutupin plastik.

So far itu aja, kalo lagi makan kadang gw taruh di bumboo, kadang di high chair, kadang duduk di kursi tamu :))), atau di gendong! Katanya kan jangan di gendong yaaa, etapi si Kaka klo ada anak-anak main di depan rumah suka ga konsen, pengen nonton temen-temennya main gitu, jadi aja yuk gendong yuk sambil makan.. Hahahaha, ga dosa kaaaan (cari pembelaan) *ditimpuk MamaKokiHandal* :))))

Perihal makanannya si Kaka.. Hmm, postingan terpisah aja kali ya :) Sekalian resep yang ecek2 banget ituh nyaahahahaha :))))

Yuk ah, selamat wikenan manteman :D

11 comments:

  1. waaaa, asikk bermanfaat sekali ini postingannya buat emak2 yang mau mulai MPASI..2 bulan lagi.zzzzz
    kedernya ko udah dari sekarang sih ya :p
    Keder masaknya insya ALlah bukan ya, tapi bagi waktunya. wong kalo nyusu malem bisa lngsung blas ikut tidur. Tapi kan kalo ga bangun subuh ntr anakku makan apa kaann..

    SC itu nampak bermangpaat yaa..dan blendernya. ooo, aku tergiur, slrrphhhh..kira2 blender ini bisa kepake sampe brp lama ya? Punya sih blender biasa, wong pernah sekali dipake doang buat ngejus. Mestinya sih bisa dimanfaatken ya.

    Dan iyaa, peralatan makanan..ya ampunnnnnn, apa itu olshop2 ko racun banget sih majang2 peralatan makan warna-warni T__T

    jadi beli yg mana ya ???? Hahahaha, malah bingung

    ReplyDelete
  2. Mba Nisa : Enaknya blender itu ukurannya kecil ya, jd mblender seporsi makan bayi oke. Nah klo pake blender yang biasa yang gede itu, malah nempel kemana-mana.. Hmm, kepake paling ngga nyampe umur bayi setahuanan kali ya. Tapi aku (eh suami) suka buat mashed potato pake itu, hihihihi

    ReplyDelete
  3. mau nambahin ahh, klo alat minumnya mau di giveaway atau mau langsung lempar dimari boleh loh :)))))

    ReplyDelete
  4. all come with a prize
    hahahahah

    ReplyDelete
  5. HUAHAHAHAA! Dasaaar :)))

    ReplyDelete
  6. Ah blender philips ini jd wishlist aku juga hehe, sama takahi tentunya..
    berarti kepake banget yah si blender ini mana sekarang lg promo pula di MP racun banget abis baca ini, padahal masi blm lahir anaknya jugak wkwk...

    ReplyDelete
  7. BANGET DES! :))
    Belinya ntaran aja klo udah mulai mpasi, sapa tau turun harganya, kaliiiiiii :)))))

    ReplyDelete
  8. Mba feeeen, si blender avent mau di garage sale-kan tidaaakk?? Kalo iya, buat aku ajaaa! Hahaha ngarep T.T

    ReplyDelete
  9. Blognya simple tapi unyu banget sist..
    Btw blender avent itu bisa nggak mblender seuprit? Atau mblender tanpa air gitu? Buar kalo bikin puree buah nggak keenceran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, kok.. tapi kalau ngga pake air, kayaknya bakal susah, karena dia blender, bukan coldpress/juicer, hehehe

      Delete
  10. say.. bagi info dong.. galau beli slow cooker atau steamer+blendernya..
    bedanya apa steamer sm slow cooker..
    lbh worthed bli yg manah? scara budget cin..
    mohon infonya yak..pliss..
    makasih..

    ReplyDelete

/ thank you for stopping by

Powered by Blogger.