Rewel

4:24:00 PM
Okay, double posts for today. <:D


Gue = Rewel. Banget! Ganti tampilan blog juga pake rewel (banget). Why? Sebagai lulusan Teknik Informatika, gue merasa bertanggung jawab untuk mengaplikasikan mata kuliah favorit gue, IMK : Interkasi Manusia Komputer. Jadi, inilah beberapa kriteria yang harus diimplementasikan pada blog gue.

Enak diliat
Pas orang (user) 'bertamu' ke rumah gue (blog) pasti yang diliat tampilannya dong (menurut L? apalagi emangnye :P). Nah, pengennya ngasi kesan yang enak diliat, ngga bikin memicingkan mata, ngga terlalu gelap/terang/terlalu kontras. Terus juga ngga banyak pernak-pernik, kaya background rumet pisan, sampe user nyari-nyari ini dimana postingannya ya?

Font / huruf
Konsisten! (1) Ngga terlalu banyak font, menurut gue itu bikin bingung. (2) Dibuka dibrowser manapun font-nya compatible, ngga berubah. Kan ada tuh font-nya sesuai dengan lokal komputer kita, dibuka dikomputer kita sih blognya oke, bagian user yang buka ditempat laing, eng ing eng, langsung kembali ke default font : Times New Roman. Hyaaaaaa. Tipsnya: Pake Font yang udah umum atau pake web font.

Warna
Ngga terlalu banyak warna, dari mulai header sampe footer. Biasanya gue batesin maksimal ada 4 warna, untuk tulisan ya, kalo buat gambar ya masa gambar/foto dibuat monochrome terus :P

Tata Letak
Posisi side-bar, gadget, title, header, footer, dan teman-temannya serombongan itu ngga boleh tumpang tindih sampe bikin satu sama lain ngga keliatan yang akhirnya jadi ngga berfungsi. Sayang banget kan? Bikin gadget susah-susah, eeeeh, ngga bisa kelihatan sama user deh.

Dibuka di mana aja oke
Toloong, ini istilah komputernya apa ya. Maklum bumil suka lemot (yang katanya nutrisi buat otak kan dibagi dua juga sama si Nduk, jadi gini deh :P). Ya pokoknya, intinya, mau dibuka dibrowser manapun (Chrome, IE, Mozzila, Safari, dll) dan dengan resolusi berapapun, tampilan blog tetep, ngga compang-camping. Caranya? Ya dicek and ricek satu-satu di browser. Pe er bangeeet booook! Tipsnya? Pake template bawaan dari blogspot (kalo gue sih).

So far itu dulu aja, nanti kalo ada tambahan gue update deh ya cyiiin :D

(Tampilan) blog yang menginspirasi gue :
  1. http://visykographic.blogspot.com/
  2. http://sitisstreet.blogspot.com/
  3. http://dianarikasari.blogspot.com/
  4. http://dianrainbow.blogspot.com/
Itu semua kayaknya pake simple template bawaan dari blogger. Suka juga sama semua link ada di side-bar bagian Inspiring :D

Salam Informatika! *jyaaaaaaaaaaaahhhh*

Eh betewe, cmiiw yah, maklum, ini subjektif, dari bahan kuliah, terus gue terapin sendiri deh. 
Kalo ada kritik saran or whatever, monggo :)

No comments:

/ thank you for stopping by

Powered by Blogger.