Mar 21, 2012

Berapa bulan? Berapa minggu?

Postingan ini sama yang itu, agaknya meninggalkan kerutan di dahi. *sini-sini gue apusin :P*
Lo nikah 4 bulan? Kok lo udah hamil 4 bulan juga? Kok bisa? Tokcer ya lo? and so on.
Kalo bagi ibu-ibu yang sedang hamil, yang sudah pernah hamil, atau yang sudah menikah, jawabannya "yaaaaa bisa lah".

Gue menikah pada hari Sabtu, 19 November 2011. Catet :P. Gue menikah tidak dalam keadaan haid, tapi gue haid setelah 3 hari menikah, 22 November. Jadi, HPHT alias Hari Pertama Haid Terakhir gue ya 22 November itu, dan gue (Alhamdulillah) sampai saat ini ngga haid, karena? Ya lagi hamidun gini, menurut L? :)) Lha terus? Yuk baca ini yuk :
Perhitungan usia awal kehamilan sejak hari pertama menstruasi berakhir karena kebanyakan perempuan tidak tahu secara persis ketika mereka berovulasi, tapi kebanyakan tahu kapan masa menstruasinya berakhir. Sumber: link
Selain HPHT tadi itu, panjangnya siklus haid  juga menjadi hal yang perlu diperhatikan buat ngitung usia kehamilan. Bingung? Ya gue juga sih, hahaha. Sok tau aja ini mah, berbekal ngetik keyword di Mbah Gugel aja :D Yuk baca lagi yuuuuk :)
"Dalam menghitung usia kehamilan, disepakati secara internasional bahwa penghitungan umumnya ditandai dengan satuan minggu. Jadi pada dasarnya, kehamilan tuh sebenernya baru mulai terjadi pada minggu ke-3. Hanya saja, karena jarang sekali wanita yang benar-benar tahu secara pasti kapan terjadi ovulasi, maka penghitungan “ditambah” 2 minggu sebelum terjadi ovulasi, yaitu dihitung sejak HPHT." Sumber: link
Kalo ditanya : "Berapa bulan Fen?" Kadang gue jawab: "Mau 4 bulan" atau kalo itu ibu-ibu gue jawah "17 minggu".

Oh iya, menindaklanjuti komennya Jeung Nella di postingan yang ini. Duh, gimana yah? Kalo ada kategori: Emak-emak yang ngga pernah deg-deg-an ke obgyn plus cuma bengong ngeliatin layar pas di usg. Yaaah, itulah gue. Gue ngga rajin nyatet juga. Yang gue tau betul panjang dan berat janin, yaaa pas ke obgyn terakhir, soalnya cetak hasil usg, kan ada angkanya disitu *malu*.

Hmm, gue nemu sesuatu nih, gue embed di sini aja yah.
Tempelin aja kursor ke gambar sesuai yang diinginkan, eh sesuai keadaan lo maksudnyaaah :D
Ini buat menghitung usia kehamilan & berat + panjang janin. Buat perkiraan waktu melahirkan juga.


Dapet dari sini :)

Eh eh eh, 1 bulan = 30 hari, yang katanya 1 bulan = 4 minggu = 28 hari. Nahloh, bedanya 2 hari kan ya, jadi emang suka agak rancu gitu buat ngitung atau konversi dari bulan ke minggu (vice versa). Whatever lah ya, moga-moga dalam kondisi apapun, janin, Ibu, dan tentu Bapaknya selalu sehat walafiat. Aaammiiin :')

Moga manfaat yey. Sekian dan terima makanan enak :P Soalnya berat badan masih 48 aja nih. Euuuh. Nggapapa kan yaaaa?

___________
Updated :
Take a look at my posts - Standar Emas the Series :)
  1. Standar Emas (1)
  2. Standar Emas (2)
  3. Standar Emas (3)
  4. Standar Emas (4)
And also my opinion about Standar Emas the Series -> Tentang Si Standar

--
Salam, Feni

8 comments:

  1. Ga bisa liatttttt...huhuhhuu...bgini nih klo buka dr kompi ktr....smuanya pny ktrbatasan...hiks... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bworser-nya udah diinstall flash player belum jeung? Install dulu ajah -> http://get.adobe.com/flashplayer/ :D

      Delete
  2. D ktr eik dilarang nginstall2 tnpa siizin corporate IT say...
    Jadi klo mau nginstall, lsg deh kluar surat cinta di browsernya.... Dilarang!
    Y sud, nti buka drumah sajah deh... tengs eniwei... ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Been there :P Dulu bagian gitu2an soalnya hahaha. Siiip :D

      Delete
  3. wah postingannya nambah ilmu bangeeet... hihihi
    thx for sharing mbak'e :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, benarkaaah? *mata berbinar* yak lebay hahaha. Senangnya kalo manfaat :)

      Delete
  4. like the post, seru juga kali ya kalo bikin sendiri hihihi... *niat bangett... :)

    ReplyDelete
  5. Sama kaya aq.
    Akujuga nikah langsung hamil..
    Nikah tgl 9 maret ..(Selesai acara langsung mens)selesai tgl 14maret .. Eth tau2 bulan depan udah telat aja.. Ampe skrng udh 5 bulan. Hihih

    ReplyDelete

{ Thank you for stopping by }