Monday, May 21, 2012

Standar Emas (1)


Langsung aja ya, menindaklanjuti ini dan itu. Gue langsung concern sama berbagai hal tentang parenting, meskipun ini masih seujung kuku ya, tentang Standar Emas Nutrisi Bayi :)

Hasil googling dapet slide ini:

Poin pertama:
I  M  D & Room In (Rawat Gabung)
Huayooooo! Apa kepanjangan IMD? Beuh kalo bener gue kasi.. Kasi apa ya? :D
I = Inisiasi. Pada betul ya semuanya *sok tau*
M = Menyusu. Bukan menyusui. Siapa yang salah? *gue ngacung kemaren :P hihihi*
D = Dini.

Kenapa menyusu? Bukan menyusui? Emang kita nyusuin? Bayi kan yang dengan instingnya nyari susu? Iya kan, iya dong :P Di sini peran Ibu masih dalam tahap pasif, jadi belum sampai tahap menyusui, si bayi yang nyusu sendiri. Makanya namanya menyusu :)

"Eh, gue kemaren IMD, 20 menit sih, lumayan".
IMD minimal berapa jam ibu-ibu? Yup! Minimal 1 jam, inget ya. *catet*

"Kemaren IMD satu jam setengah, tapi bayinya ngga berhasil nyusu (mencapai nipple -red)"
Sebenernya apa sih tujuan dan apakah menemukan nipple itu parameter keberhasilan IMD?

Sebelum mulai IMD, ada baiknya beberapa poin berikut jadi perhatian :

  • Pastikan dukungan dari berbagai pihak, terutama SUAMI (kita kan partner yey, klo ngga ada dia mana bisa hamidun #eaaa), keluarga, tenaga kesehatan (baiknya cari RS yang pro IMD), dan fasilitas kesehatan.
  • Ibu & bayi (saat lahiran) tidak ada tanda kegawatdaruratan. Bayi lahir menangis dan tidak biru, itu tanda bayi sehat. Ibu dalam keadaan sadar.
  • Minimal berapa jam ibu-ibu? Iyaaa, satu jam (bawel yak gue :P)
  • Room-in alias rawat gabung. Rawat gabung di sini berarti ibu dan bayi dalam satu ruangan (betuul) tapi harus sejangkauan ibu juga ya. Kalo ibu di pojok kanan bayi di pojo kiri jauh atuh ya? Room-in : sejangkauan ibu, lebih baik bedding-in (satu tempat tidur). O iya, cari fasilitas kesehatan yang bisa room-in ya :)
Inti dari IMD itu adalah skin-to-skin. Skin-to-skin itu banyak banget manfaatnya buat bayi dan ibu. Jadi kalo kata gue sih, menemukan nipple & nyusu itu bonus ya :)
  • Bayi dalam kandungan itu nyaman, dia denger denyut jantung ibu, aliran darahpun dia denger loh. Kita ngomong juga, nah pas gue ngetik begini juga. Terus dia lahir, pasti shock, bingung "Ini gue dimanaaa?" kalo bisa ngomong gitu kali ya? Tapi kan cuma bisa nangis doi. Nah, taruh di dada ibu, dia akan menjadi lebih tenang, bisa mendengar "Eh ini bunyi yang sering gue denger di rahim (denyut jantung ibu -red)". Kalem deh dia :D
  • Dada ibu pas lahiran itu mengeluarkan minyak yang mirip dengan ketuban. Bayi akan merasa lebih nyaman. Oiya, nanti kalo bayinya di-lap tangannya jangan ya, menyimpan bau ketuban buat petunjuk dia nyari nipple, sama baunya kaya minyak si ibu tadi.
  • Dada ibu bersifat thermo-regulator, saat bayi kedinginan suhu ibu akan naik 2'C, saat bayi kepanasan suhu ibu akan turun 1'C. Subhanallah :)
  • Nah, bonusnya si bayi ini kalo dia berhasil nyusu pas IMD dapet deh kolostrumnya. Yihaaa! Tau dong baiknya kolostrum ini? (referensi kolotrum : satudua, mmm banyak deh ;) )
  • Note : Skin-to-skin ini ngga ada batesnya ya, sampe kapanpun sampe udah balitapun skin-to-skin ini manjur banget ngobatin sakit kayak common cold, yang sebenernya ngga ada obatnya itu loh :D
Kenapa harus minimal 1 jam?
Karena tahapan si bayi pas IMD ini banyaaaaak banget. Sabar-sabar ya bu, namanya juga baru lahir, baru lihat dunia (Ah, Nduk, jadi kangen :P *oot*).
  • Bayi mulai di taruh di dada ibu, tanpa ada pembatas ya, skin-to-skin, nempel pel pel. Kalo mau diselimutin monggo, di punggung bayi ya, pake topi juga boleeeeh. Para suami tolong dibantu, jagain bayinya ya.
  • Kan dia abis nangis, nah mulai beberapa saat kalem dia nemuin (dada) ibu yang bikin nyaman, detak jantung dan bau ibu.
  • Abis kalem istirahat mulai deh dia ndusel-ndusel (merangkak-rangkak/bergerak), mau nyari nipple dia.
  • Kalo dia nyampe nipple dia ngga langsung mulai nyusu, masih baru pegang-pegang nipple aja, remas-remas PD, pokoknya masih adaptasi.
  • Nah, bonusnya kalo dia nemu nipple, nyusu deh :)
Kira-kira begitu deh tahapan IMD, jadi kalo RS baru 30 menit IMD minta ambil bayi atau menyudahkan, jangan ya, kan minimal berapa lama ibu-ibu? :D *berisik Fen!!! :P* Kebayang, tahap segambreng kaya gitu cuma dalam waktu 30 menit? Apalagi buat bayi :)

Mohon koreksinya ya, kalo ada salah-salah kata/kurang berkenan. Moga manfaat :)

Iyeeeee, masih ada lanjutannya. Kapan? *ngumpulin niat dulu :)) Buahahahaha*

update:

--
Salam, Feni

No comments

Post a Comment

/ thank you for stopping by

© / besinikel