Masih tentang MPASI

by - 11:30:00 AM

Yuhuuuu, setelah sukses berat (lah, kata siapaaaa..) tentang yang ini, dan saya punya janji di paragraf terakhir. Yuk marii, merapat cyiiin :D

Jadiii, si Kaka udah makan ini  (so far) selama 2 bulan:

6 bulan:
Buah : alpuket, pir, pepaya, apel, jeruk
Seralia: tepung beras merah (gasol), tepung beras coklat (gasol), tepung kacang hijau (gasol), kentang, oat
Sayur: labu parang (ini aslinya karbo apa sayur apa buah sik? binguuung..), gambas

7 bulan:
Buah: tambahannya apa ya.. buah naga, tapi belinya asem, ga berani kasih deh.. Jadi masih stuck disitu. Mau coba melon ah! Oya sama tomat :D
Serealia : beras putih, jagung
Sayur : (nah ini yang banyak, karena kok pas 6 bulan dikit aja gitu ngenalin sayurnya)
buncis, brokoli, zucchini, buncis, kabocha, kacang polong (frozen), kacang merah
Lauk : ayam (ayam pejantan + kampung), kaldu ayam juga (buat campuran bubur), tahu, tofu
Oya, kemaren bikinin agar-agar pir juga :D

8 bulan: ntaar.. masih seminggu lagiiiii :D

Dramanya manaaaa? Eaaa..

Pertama kali makan, ALAHMDULILLAH DOYAN, pake banget. Kadang gw kudu stop makan, karena dirasa kebnyakan (apalagi kalo lagi mood makan). Nah kok ya sekarang-sekarang jadi susyeh. Disuapin gw (kalo wiken atau kalo sempat) paling masuk 15-20 suap aja. Ta ta taapiiii.. Laporan siMbaknya selalu habis aja gitu makanannya. Heu. HERAANN!

Fyi, untuk sekali makan, gw buatin (untuk karbo, sayur sesuai selera ajah hahahaha)
- bubur beras putih : 1 sdm + 100ml air (takaran sekarang, dulu 150ml) + 3 blok kaldu
atau
- oat : 1 sdm oat + 100 ml air (+ tambah ASIP sesukanya setelah bubur oat matang)
atau
-  kentang : setengah kentang + ayam rebus (frozen, sejumput)

...
Ternyata..

Nemu ini. *fyuuh, hela nafas*

Aku ga sendiriaaaan!

Jadi kalo wiken, gw udah berlapang dada aja deh, mau makan sukur kalo ga yuk nen ajaaaa :D Kalo kemaren gw bikinin agar-agar pir, eh, mau dong, hampir habis sekitar 60 ml, atau setengah wadah EZLock ukuran 120 ml (yang ini). Trik gw menyisati hal itu (ceileeeh), satu : stok sabar yang banyak, dua: menu baru, tiga: makan ditempat baru alias sambil yalan-yalaaaan :)))

Random (note and) thoughts about MPASI-story:
  • As MamaKokiHandal said, gw pake aturan 3 hari. Hahaha, harusnya sih 4 hari ya, tapi 3 hari juga gapapa sih (berdasarkan feeling mihihi).
  • Hamdallah dari semua yang tak cpbain ke Kaka, semuanya TATA (Tidak Ada Tanda Alergi), semoga seterusnya ya Nduk..
  • Perihal gendong menggendong saat makan: As a Working Mom, gw ga bisa saklek nyuruh siMbak untuk tetep nyuapin sambil makan di high chair (yakaleeee, gwnya aja suka nggendong pas nyuapin nyahaha). So, bismillahirrahmanirrahim makan sambil gendong yok! Tapi, sebisa mungkin gw kalo nyuapin di high chair atau di kursi depan TV atau di kursi ruang tamu *plaaaaak* :))))
  • Tentang makanan instan (yang ternyata gw pernah bahas di sindang Ceu...). Masih belum berani kasih. Hihihihi.. CEMEN! :P
  • Masih berusaha Golden Standard alias Standar Emas? Ga jugaaa, gw ga pernah beli organik, beli aja di tukang sayur yang lewat depan rumah. Ayam-pun gw ga maksain, kalo ga ada ayam kampung ya pake ayam pejantan. Atau kisah gw tentang talenan. Yaaah, let it flow aja dah. Bisa stress kalo ngikutin idealisme sendiri. Curcol : bangun jam 3 atau (seringnya) jam 4 pagi trus ngedapur itu ngantuk ya maliiih! :)))
  • Duluuu, pas Kaka usia 5 bulan gw DEG-DEG-AN PARAAAH! Ngulik MPASI Stuffs, bikin menu sebulan kedepan, beli ini itu, mikir ini itu.. Sekarang? Hamdallah, nyantai dikit. Mikir menu pas buka kulkas aja dah.
Resep ya? AIH.. Ntaran lagi deh (kalo mau, kalo sempet, kalo mood muahahaha). (Lebih) Ecek-ecek (pake banget), sama aja kaya yang ada di milis MPASI Rumahan atau mpasirumahan.com atau nyontek dari buibu yang udah duluan started MPASI :D

See ya, Happy Monday..

 

You May Also Like

6 comments

  1. gorengan ?
    kapan ?

    ReplyDelete
  2. kepiting boleh gak ?

    ReplyDelete
  3. boleh, tapi bapaknya ngga ya :))))

    ReplyDelete
  4. Halo mba @besinikel, salam kenal ya. Dapet link dr blognya desi. :)

    Aku intip2 blognya ya. Lg hamil 34w nih masih butuh info buat ngurus baby nanti.

    ReplyDelete
  5. Halo Thane.. Eh gw panggil lo apa ya? :P
    Gw link balik yap :D

    ReplyDelete

/ thank you for stopping by