Catering Komplit vs Ketengan

Menindaklanjuti postingan yang sebelumnya, gue mencoba (sepengetahuan gue) menjelaskan tentang si catering komplit (then, I'll try to compare it ;))

Catering komplit ngga cuma menyediakan makanan thok, dulu memang begitu, tapi sekarang catering jadi multi-service, seperti yang di post sebelumnya. Kok bisa? Jadi (mungkin) mulanya hanya menyediakan makanan thok, seiring berjalannya waktu si catering komplit tentunya udah punya 'pasar', hal itu dimanfaatkan oleh percetakan (buat undangan), souvenir, dekor, musik nikahan, rias + busana pengantin, dll. Jadi mereka itu semacam mengajukan 'proposal' untuk menjadi rekanannya si Catering, dengan perhitungan bla bla bla, supaya mendapat 'client' yang tentunya adalah 'client'/'pasar' si Catering. Intinya mereka jadi ngga terlalu susah untuk promosi. Tentu harga yang ditawarkan si 'pengaju proposal' akan lebih murah supaya ada keuntungan untuk keduabelah pihak. Dan itu menuntungkan kita ;)

Misal gini, Si X sebagai Catering Komplit punya beberapa rekanan :
  1. Rekanan Percetakan si A, B, C
  2. Rekanan Rias D, E, F
  3. dst.
Maka, saat kita udah deal dengan si X, maka klo mau fitting baju ya ke D, E, F. Mau ke Z? Masih bisa tapi kita jadi rugi, karena tentu harga non-rekanan itu lebih mahal.
Gini perhitungannya, misal harga Paket dari Catering Komplit X adalah 50 Juta. Lalu kita ngga mau ngambil buat riasanya (udah punya 'tukang rias' yang oke :P), si X bisanya akan mengembalikan sejumlah rupiah, karena kita mengurangi paketannya *yang pasti sedikit nguranginnya*. Untuk rias, misalnya, dia akan mengembalikan sebanyak 2 Juta, kenyatannya (biasanya) mana ada sih rias komplit dengan harga 2 Juta? Biasanya 6-10 Juta (tergantung paketnya juga sih). Bearti kita nombok donk? Tarolah pilih rias yang 6 Juta-an, sedangkan kita dibalikin sama si X 2 Juta. So? 4 Juta harus diambil dari kantong kita sendiri ;)
Semacam gitu deh ilustrasinya :D

Hmm, klo menurut gue sih, semua ada kelebihan + kekurangannya :D

Catering Komplit
Pake jasa ini, kita udah ngga usah cape survey-survey di mana percetakan, tukang rias, souvenir, band, dll. Kita sudah diberikan list rekanan si Catering tsb. Jadi tinggal ke tempat rekanan, bilang kita client si X, done. Selesai. Harga? Lebih murah. Tapiii, ya itu, kalau kita menambah paket yang diluar rekanan, maka nomboknya jadi agak banyak :P

Ketengan
Ini yang berarti kita menentukan sendiri, makanan catering dari mana, rias, dekorasi, souvenir, undangan, dll. Menyenangkan adalah kita menemukan catering yang sesuai, percetakan yang sesuai. Ngga ada istilah nombok karena kita semua yang menentukan. Fleksibel. Harga? Nah klo dibandingkan dengan jumlah dan kualitas yang sama dengan si Catering Komplit, biasanya akan lebih mahal, tapi klo jumlahnya berbeda + kualitas, who knows? :D

Imho ya, soalnya gue juga pan baru pertama kali. *ya iyalah* :D

No comments:

/ thank you for stopping by

Powered by Blogger.